Senin, 06 Maret 2017



Iklan Discus


Ragam Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal  - Ikan Hias Air Tawar. Ikan discus yaitu satu diantara type ikan hias air tawar yang popular untuk dipelihara. Ikan discus memiliki nama latin Symphysodon discus, ikan itu datang dari brazil tepatnya dari daerah sekitar sungai amazon. Nama discus datang dari bagian badan ikan hias air tawar ini yang memiliki bentuk yang serupa lempengan CD atau ‘disk’. Banyak type ikan discus yang menyebar namun di sini kita bakal menerangkan sebagian ikan discus yang popular sebagai ikan hias air tawar. 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal

Ikan discus dijuluki juga sebagai rajanya ikan hias air tawar lantaran ikan discus itu sangatlah menarik untuk dipandang dari bentuk badan serta warnanya. Karakter dari induk ikan hias air tawar ini yang unik, perkembangbiakannya yang susah disangka, pasar ekspor serta pasar lokal yang luas, serta harga benih serta induk yang relatif mahal membuat ikan discus menjadi ikan hias air tawar yang banyak di cari para penghobby ikan hias air tawar. 

Apa yang akan kita ketahui pada artikel Ragam Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal di blog ikan hias air tawar ini?

1. Beberapa Jenis Ikan Discus
2. Panduan Tips Memelihara Ikan Discus Sebagai Ikan Hias Air Tawar
3. 3 Type Ikan Discus Termahal

Ikan discus datang dari rimba amazon yang kaya semua type spesies hewan serta tumbuhan. Ikan discus yaitu satu diantara type hewan yang mempunyai banyak variasi. Hingga peminat yang mau pelihara ikan itu sangat banyak. 

1. Beberapa Jenis Ikan Discus

Berikut ini beberapa type ikan discus yang popular untuk dijadikan ikan hias air tawar

Angel Blue Diamond 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


ikan discus itu sangatlah populer serta paling laku di antara beberapa hobyis ikan hias air tawar. Ikan hias air tawar itu memiliki corak yang polos biru seperti warna telur bebek. Ikan discus yang bagus bakal mengeluarkan warna yang seakan-akan bersinar. 

Gold Yellow Diamond 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


Iklan
Warna kuning keemasan di ikan hias air tawar itu sangatlah mencolok hingga di namakan ‘gold yellow’. 

Marlboro Red 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


Itu yaitu warna kegemaran saya hehehe. Warna merah menyala serta berkesan berani atau garang. Ikan discus jenis ini memiliki corak merah di semua badannya serta sedikit kehitaman dibagian siripnya. 

Pearl Pigeon 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


Warna itu yaitu satu diantara warna yang unik. Pearl Pigeon memiliki corak yang spesial serta khas, seperti batik. Bintik pada ikan discus Pearl Pigeon kecil-kecil. 

Red Ribbon 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


Red Ribbon memiliki corak yang serupa dengan Pearl Pigeon namun coraknya condong panjang-panjang tak bulat seperti Pearl Pigeon. 

Checker Board Pigoen 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


Ikan discus type ini serupa dengan Pearl Pigeon namun besarnya totol pada ikan hias air tawar jenis itu beragam. 

Red Royal Blue 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Stripped form, Thick Lines) 
Coraknya classic hingga kerap dipakai juga sebagai indukan untuk kawin silang, termasuk juga type Turquoise yang paling baik terbaik. 

Snake Skin 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(STripped form, fine lines) 
Masuk dalam grup Stripped form, fine line lantaran corak garisnya yang tipis 

Snake Skin King Cobra  

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Stripped form, fine lines) 
Type snake skin yang unik lantaran garisnya berwarna biru membuat lingkaran-lingkaran kecil pada tubuh ikan hias air tawar ini sehingga terlihat seperti lubang yang berwarna coklat 

Red Melon 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Solid Red) 
Dengan warna merah seperti semangka (Water melon), serta type itu cukup disenangi dipasar lokal serta pasar ekspor seperti Jepang serta Eropa 

San Merah  

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Solid Red) 
Termasuk juga ikan discus yang sangatlah diminati customer sekarang ini. Banyak dipakai oleh breeder juga sebagai induk untuk memperoleh keturunan Red Melon.  

Golden Marlboro 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(SOlid Yellow) 
Kerap dipakai juga sebagai induk dalam kawin silang untuk memperoleh type Golden yang lebih baik, yakni Golden dengan corak yang semakin sedikit) 

Leopard Snake  

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Spotted form) 
Type ikan discus yang sekarang ini diminati customer di semua dunia serta harga pasarnya relatif tinggi, dibanding type discus yang lain. Demikian terkenalnya ikan hias air tawar type itu hingga dijadikan juga sebagai masterpiece ikan discus. 

Mozaik Leopard  

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(spotted form) 
Adalah perubahan Leopard paling baru dengan corak yang berupa seperti huruf C atau O hingga harga nya lebih mahal dibandungkan ikan discus Leopard biasanya. 

White Diamond 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(Hybrid) 
Type hybrid yang diminati beberapa peternak ikan discus di Asia, juga sebagai indukan untuk kawin silang. Ikan discus ini dapat cukup disenangi hobyis ikan hias air tawar lantaran warnanya yang unik, putih dengan kepala berwarna kuning serta lingkaran mata yang berwarna putih. 

Fire Cracker 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(hybrid) 
Type hybrid dengan market share belum luas, lantaran produksinya sangatlah terbatas. Pemicu lain, fire cracker sebelumnya adalah strain discus yang fixed. 

Heckel Discus 

Ikan Discus dan Jenis Ikan Discus Termahal


(wild form) 
Ikan discus alam itu disenangi customer penggemar ikan hias air tawar di Asia serta Eropa meskipun pangsa pasarnya masih tetap sedikit. Satu diantara daya tariknya terdapat pada bar ke 5 yang terlihat terang. 

Sesungguhnya type ikan discus itu bukanlah ketidaksamaan type bentuk atau type variasinya namun di ambil dari warnanya. Tidak sama dengan ikan cupang yang dibedakan dengan beragam varian yang memiliki bentuk. Nah lantaran banyak warnanya oleh karena itu kita tak dapat mengemukakannya satu persatu di sini, atau mungkin anda ingin menambahkan jenis-jenis ikan discus lainnya.  





Makanan dan Cara Memelihara Ikan Discus


Beberapa permasalahan yang paling sering terjadi terhadap ikan discus adalah stress. Hal ini mengakibatkan ikan discus mudah terserang penyakit. Selain itu, setiap akuarium mempunyai koloni mikroorganisme yang bermanfaat bagi ikan dan penyebab penyakit pada ikan. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kita mengetahui cara memelihara ikan discus ini. Berikut beberapa tips memelihara ikan discus.

Menyediakan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Keadaan di dalam akuarium sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan discus. Untuk itu, kita harus menyediakan beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah heater. Heater ini berfungsi untuk menyediakan kondisi panas di dalam air akuarium. Saat suhu di dalam air dingin, kita bisa menggunakan alat ini untuk mengatur suhu yang dibutuhkan oleh ikan discus. Biasanya, suhu normal untuk ikan discus sekitar 27-32 derajat celcius.

Penerangan pada Akuarium Ikan Discus

Penerangan pada akuarium ikan discus juga menjadi faktor penting dalam memelihara ikan discus. Berikanlah penerangan yang cukup pada akuarium ikan discus. Selain dapat menjadikan ikan discus sehat, penerangan juga dapat menjadikan ikan discus kita terlihat lebih indah. Namun, Penerangan biasanya memberikan suhu yang panas terhadap akuarium ikan discus. Oleh karena itu, sesuaikanlah penerangan pada akuarium ikan discus.

Menjaga Kebersihan Air
Faktor utama yang mempengaruhi kondisi kesehatan ikan adalah kondisi air itu sendiri. Jika kita jarang mengganti air akuarium, maka ikan discus akan mudah terserang penyakit. Karena air yang kurang bersih terdapat banyak bakteri jahat. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan air akuarium ikan discus.
Biasanya, pergantian air yang bagus dilakukan adalah seminggu dua kali atau jika kita terlalu sibuk, kita bisa membersihkan akuarium ikan discus seminggu sekali. Cara mengganti air akuarium pun tidak sekaligus diganti semuanya. namun pergantiannya dibuat bertahap.

Makanan untuk Ikan Discus

Memberikan makanan yang terbaik bagi ikan discus kesayangan kita dapat menghasilkan ikan discus yang sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Di alamnya, ikan discus termasuk ikan pemakan segalanya. Biasanya, makanan yang dimakan ikan discus ini berupa larva serangga, cacing, bahkan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut bisa kita terapkan untuk ikan discus kesayangan kita.
Makanan-makanan saat ini yang tersedia untuk ikan peliharaan bisa dibagi menjadi dua macam, antara lain:

Makanan Alami

Makanan alami adalah makanan yang diambil langsung dari alam atau sudah tersedia di alam bebas tanpa kita mengelolanya terlebih dahulu. Makanan-makanan tersebut adalah

Infusoria dan rotifera
Infusoria dan rotifera adalah jenis microorganisme yang biasanya digunakan untuk pakan anakan ikan. Kelebihan pakan ini adalah Infusoria dan rotifera memiliki ukuran yang rentik atau kecil. Sehingga, pakan ini sangat cocok untuk anakan ikan discus.

Kutu Air

Kutu air merupakan sejenis udang-udangan dan biasanya juga digunakan untuk pakan anakan ikan. Kutu air biasanya terdapat di genangan air. Kelebihan pakan ini adalah memiliki ukuran yang cukup kecil. Sehingga, anakan ikan discus mudah untuk memakan dan mencerna makanan ini.

Cacing Tubifex

Cacing Tubifex adalah nama lain dari cacing sutera. Cacing ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk ikan discus, antara lain: mineral, protein, dan lemak. Namun, sebagian pecinta ikan beranggapan bahwa cacing ini paling sering menimbulkan penyakit pada ikan. Karena pengembangbiakan cacing ini menggunakan tempat yang kotor. Oleh karena itu, sebelum kita memberikan makan pada ikan discus dengan cacing sutera ini, kita harus membersihkan terlebih dahulu cacing sutera ini agar ikan kesayangan kita tidak terkena penyakit.

Blood Worm atau Cacing Darah

Blood Worm atau Cacing Darah adalah larva yang berasal dari lalat Chironomus yang mengalami pembusukan. Cacing darah ini memiliki kandungan protein cukup banyak, sehingga pakan ini cukup baik untuk ikan discus kita. Biasanya, cacing darah ini akan dibekukan terlebih dahulu agar mudah dalam penyimpanan dan jauh lebih awet.

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk ini cukup mudah untuk didapatkan. Kita bisa mencari di selokan atau tempat yang terdapat genangan air. Kita juga bisa membudidayakannya sendiri. Selain itu, jentik nyamuk juga memiliki kandungan protein cukup tinggi. Sehingga, sangat cocok untuk pakan ikan discus.

Telur Udang

Telur udang yang biasanya digunakan untuk pakan adalah telur udang galah dan telur udang lobster. Telur ini sengaja dikembangkan untuk pakan ikan dan biasanya di jual dalam keadaan beku. Pakan ini sangat bagus untuk pembentukan warna alami ikan dan memacu kesuburan.

Artemia

Artemia adalah planktonik yang biasanya hidup di perairan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Pakan ini memiliki kandungan nurtisi cukup tinggi, seperti 50% protein dan 25% lemak. Selain itu, arteria dianggap sebagai pakan alami yang paling baik karena pakan ini bebas dari penyakit.

Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan ikan yang dibuat oleh manusia. Pakan buatan ini sangat praktis dan mempermudah kita dalam pemberian pakan. Pakan ini sangat mudah kita dapatkan. Biasanya, di setiap toko ikan menjual pakan buatan. namun, pakan buatan ini kurang bagus bagi ikan discus kita. Karena ikan discus kita akan melambat pertumbuhannya jika kita mengkonsumsi pakan buatan. Oleh karena itu, gunakanlah pakan ini secukupnya saja dan kombinasikan dengan pakan alami.


Cara Pemijahan Budidaya Ikan Discus 

adalah cara memperbanyak jumlah ikan hias discus, dengan bentuk yang cantik dan terlihat bercahaya, ikan discus merupakan jenis ikan yang saat memijah selalu bersama anaknya, sampai ukuran tertentu. larva-larva ikan discus akan selalu mengikuti induknya saat baru menetas.

Ikan diskus adalah jenis ikan hias yang awalnya didatangkan dari sungai Amazon (Brasil) sekarang sudah banyak di indonesia. Disebut diskus karena bentuk tubuhnya mirip lempengan disk yang berdiri tegak. Diskus awalnya terdiri dari heckel discus, brown discus, green discus, dan blue discus. 

Bentuk tubuh ikan diskus ini pipih bundar dengan warna dasar coklat kemerahan dengan garis berombak dan beraneka ragam tak beratur mulai dari dahi sampai samping perut. Mata ikan diskus berwarna merah dan garis tengah tubuhnya paling besar 15 Cm. Ikan diskus dikenal tidak suka mengganggu cenderung menyendiri atau mengelompok dengan ikan sejenisnya.


Hal yan paling penting dalam budidaya adalah memilih indukan yang baik. Caranya dengan budidaya sejak kecil. Setelah berumur 12-18 bulan, diskus ini akan memilih pasangannya sendiri. Pasangan diskus inilah yang kita ambil dan dipindahkan untuk dipijahkan.



Persiapan Tempat Pemijahan(Aquarium)
Aquarium cmSuhuJumlah telurPh
75x35x3528-30 c50-350 butir5-6 ppt
  • Isi air dengan kedalamann 25 cm kemudian masukan daun ketapang sebanyak 1 lembar dan 1 sendok garam non yodium
  • Diamkan selama 3 hari
Cara Permilihan Indukan Budidaya Ikan Discus
  • Ikan discus dapat berkembangbiak pada PH optimal 6,2 atau sedikit asam.
  • Ikan diskus merupakan ikan yang memilih pasangannya sendiri, 
  • Pemilihan indukan jantan betina sebaiknya tempatkan beberapa ikan discus pada satu aquarium 
  • kemudian perhatikan beberapa ikan discus yang selalu berenang bersama-sama. 
  • kemudian ikan discus pisahkan dengan ikan yang lain.
  • Untuk satu aquarium sebaiknya tempatkan 4 ekor ikan discus dengan perbandingan 1:1



Cara pemijahan Budidaya Ikan Discus:
  • Masukkan induk diskus yang berpasangan ke dalam akuarium
  • Pemberian Aerasi(filter) 
  • Pasang paralon atau pot di dalam akuarium untuk menempelkan telor.
  • Telor yang baik akan menetas setelah 60 jam.
  • Setelah telor menetas, bersihkan larvanya lalu pindahkan ke tempat yang aman dan bersih beserta induknya.
  • Setelah 3-4 hari larva diskus ini sudah dapat berenang dan mulai menggelayuti induknya sambil menghisap lendir yang ada di sekujur tubuh induknya sebagai makanan utama.
  • Diskus setelah berumur satu minggu baru bisa diberi makan berupa kutu air atau larva artemia.


Cara Pembesaran Budidaya Ikan Discus:
  • Pindahkan anakan diskus berusia satu bulan dari induknya ke akuarium berukuran 100 X 50 X 35 Cm. Setelah besar pindahkan diskus ke akuarium yang lebih luas lagi.
  • Agar terlihat bagus, diskus sebaiknya ditempatkan di akuarium standar (induk 50 X 50 X 40 Cm dan anakan diskus 50 X100 X 35 Cm)
  • Agar ikan diskus tetap hidup dengan baik, sediakan pakan alami seperti dapmiacacing sutera, cacing super, jentik nyamuk, udang, dan sejenisnya. Diskus juga suka mengkonsumsi pakan buatan campuran dari jantung, hati, daging, udang, ikan, dan sayuran.
  • Sebaiknya, budidaya ikan diskus dilakukan secara kelompok. Budidaya secara kelompok ini lebih efektif dan efisien. Budidaya secara kelompok juga memudahkan proses pemasaran dan distribusi

3 komentar:

  1. Play coin casino games for real money now - Casinoworld
    A classic septcasino game on a desktop or mobile, you can enjoy a thrilling deccasino casino online with your smartphone, 인카지노 tablet or tablet. Play coin casino games for real

    BalasHapus
  2. How do I use Betway? - MapyRO
    How 경상북도 출장안마 does Betway work? Betway is a 공주 출장샵 bookmaker with many services but the name Betway is more 원주 출장마사지 suited 통영 출장샵 to its European players. 충청남도 출장샵

    BalasHapus